Minggu, 20 Februari 2011

TUGAS 1 ETIKA PROFESI

TUGAS 1
ETIKA PROFESI
Nama : Angelin
NPM : 30408118
Kelas : 3ID01

01. Jelaskan alasan perlunya etika profesi dalam bidang keteknikan ! Apa yang akan terjadi bilamana profesi keteknikan tanpa etika?
Jawab : Menurut Prof. Robert Salomon pengertian etika adalah sebagai berikut:
1. Etika merupakan karakter individu, dalam hal ini bahwa orang beretika adalah orang yang baik. Disebut sebagaai orang yang beretika.
2. Etika merupak hukum sosial, yang mengatur, mengendalikan serta membatasi perilaku manusia.
Sedangkan pengertian profesi suatu hal yang berkaitan dengan bidang tertentu atau jenis pekerjaan (occupation) yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetapi belum tentu dikatakan memiliki profesi yang sesuai.
Dengan profesi yang beraneka ragam dan membutuhkan keahlian yang tinggi yang diperoleh melaui pendidikan, menyebabkan dalam penerapannya hanya rekan sejawat (sesama dalam profesi) yang dapat menilai dan mengontrol sehingga kehormatan profesi dapat terjaga dan masyarakat dapat terlayani dengan baik.
Dengan demikian suatu profesi akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat (penggunanya), bila dalam profesi tersebut para pelaku (personalnya) memegang teguh kode etik profesi tersebut.

Yang terjadi bila profesi keteknikan tanpa etika maka akan terjadi penyimpangan sikap dan perilaku manusia, yang menimbulkan hubungan antara manusia dengan pekerjaannya tidak akan berjalan dengan mulus sebagaimana mestinya.

http://amokdarmianto.wordpress.com/2010/10/25/bahan-etika/

02. Beri contoh minimal tiga kasus pelanggaran etika profesi yang pernah terjadi di bidang profesi keteknikan ! Apa dampak yang ditimbulkan?
Jawab: Tiga kasus pelanggaran etika profesi yang pernah terjadi di bidang profesi keteknikan beserta dampaknya:
a. Polusi kendaraan bermotor.
Semakin lama kendaraan bermotor yang ada di Jakarta maupun sekitarnya. Hal ini menyebabkan polusi yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut mencemarkan udara. Sehingga dapat menimbulkan efek samping untuk sistem pernafasan manusia dan selain itu juga merusak lapisan udara dengan gas-gas yang terkandung dalam buangan polusi tersebut.
b. Efek negatif dari internet.
Seiring berkembangnya jaman, maka teknologi pun semakin canggih. Kemajuan teknologi menggunakan internet dapat dengan mudah di akses, hal apapun yang diinginkan akan ada di situs internet itu sendiri. Efek negatif dari internet itu sendiri adalah situs-situs yang seharusnya tidak dipublikasikan untuk umum maupun untuk anak dibawah umur, sangat mudah untuk diakses. Sehingga pencemaran moral yang dialami si pembaca atau si pengguna itu sendiri.
c. Efek samping dari rokok.
Rokok banyak dikonsumsi oleh kaum adam, tak terkecuali kaum hawa. Didalam rokok terkandung zat nikotin yang memiliki efek samping seperti impotensi, gangguan janin, kanker paru-paru, dll. Masyarakat yang mengkonsumsi rokok terkadang sulit untuk melepaskan dirinya dari rokok, karena sudah terbiasa. Maka disarankan untuk konsumen yang menderita penyakit diatas untuk tidak merokok. Selain itu juga asap rokok dapat membuat orang sekelilingnya yang tidak merokok dapat menjadi perokok pasif, yang dampaknya lebih parah daripada perokok aktif. Sehingga, sekarang di setiap mal disediakan tempat khusus untuk merokok, agar tidak mencemarkan lingkungan dan masyarakat sekitar.

03. Dalam sebuah laboratorium riset dengan 50 orang peneliti telah terjadi kebocoran yang menyebabkan terinfeksinya para pekerja oleh bakteri mematikan. Dalam waktu singkat telah jatuh 10 korban jiwa. Untuk menghambat penyebaran bakteri yang belum ditemukan obat penangkalnya, dilakukan isolasi terhadap fasilitas tersebut. Namun demikian, potensi ancaman kematian masih menghantui 100 ribu penduduk kota tersebut. Satu-satunya cara untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut adalah dengan membumihanguskan instalasi riset tersebut dengan bom, yang akan meluluhlantakkan fasilitas tersebut termasuk para peneliti di dalamnya. Jelaskan bagaimana cara menyelesaikan dilemma moral tersebut menurut faham:
a. Kantianisme
b. Utilitarianisme
Jawab: a) Kantianisme merupakan suatu faham yang menitik beratkan pada kewajiban seseorang dalam pekerjaan yang di lakukannya.
Jadi dalam kasus ini menurut faham kantianisme, hal yang harus dilakukan adalah menuntaskan tugasnya, yaitu melenyapkan daerah tersebut demi tidak menyebar luasnya bakteri yang mematikan itu ke bagian daerah lain, karena lebih baik melenyapkan 100 ribu penduduk daripada seluruh bagian daerah yang belum terinfeksi nantinya tertular, maka akan lebih banyak lagi korban yang berjatuhan jika tidak dimusnahkan.
b) Utilitarianisme merupakan paham yang bertentangan dengan prinsip-prinsip keadilan, jadi jika faktanya berbicara benar maka hal itu benar dan sebaliknya jika faktanya salah tetapi sesungguhnya tidak begitu kejadiannya, maka hasilnya tetap salah.
Dalam kasus ini berdasarkan utilitarianisme maka tidak akan memusnahkan daerah tersebut beserta hasil riset yang ada didalamnya. Karena akan menimbulkan kerugian yang sangat besar jika membumihanguskannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar