Sabtu, 05 Maret 2011

Tugas 2 Etika-Angelin-3ID01

a. Jelaskan tentang tata tertib kehidupan di Kampus yang berlaku umum untuk semua civitas academica ! Apakah aturan tata tertib memang diperlukan di lingkungan kampus? Jelaskan alasannya!
Jawab: Tata tertib kehidupan di Kampus yang berlaku umum untuk semua civitas academica merupakan tata tertib yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa yang berada pada lingkungan kampus tersebut. Contohnya adalah saling menghormati, menghargai, dan membantu diantara masyarakat yang berada pada lingkungan kampus tersebut. Aturan tata tertib memang diperlukan di lingkungan kampus, karena tata tertib harus dilaksanakan sesuai dengan bunyi tata tertib itu sendiri, misalnya jangan merokok di sepanjang koridor, alasannya karena akan mengganggu mahasiswa lain yang sedang melakukan aktivitas di koridor kampus, selain itu juga mahasiswa yang merokok hendaknya merokok pada tempat terbuka, bukan di tempat tertutup seperti koridor dan ruangan kelas. Asap rokok yang ditimbulkan akan mengakibatkan mahasiswa yang pasif merokok akan terkena imbasnya, seperti saluran pernafasannya terganggu.

b. Jelaskan perilaku/ sikap/ tindakan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh nyata yang saudara amati dan solusi yang saudara tawarkan!
Jawab: Contoh dan solusi dari perilaku / sikap / tindakan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh mahasiswa dikampus :
1) Merokok disembarang tempat.
Merkokok disembarang tempat akan mengakibatkan tercemarnya saluran pernafasan yang disebabkan oleh polusi yang timbul akibat asap rokok. Solusi yang saya tawarkan adalah hendaknya mahasiswa yang merokok, merokok pada ruangan terbuka, agar asap yang ditimbulkan tidak merugikan orang lain.
2) Membuang sampah sembarangan.
Membuang sampah sembarangan merupakan kebiasaan buruk manusia, karena terkadang manusia berfikir ada yang akan membersihkannya, tetapi jika tidak dimulai dari kesadaran dirinya sediri untuk membuang sampah pada tempatnya maka tidak akan membuang sampah pada tempatnya. Solusinya adalah, janganlah membuang sampah disembarang tempat, mulailah dari diri anda sendiri untuk bertanggung jawab atas yang anda lakukan, begitu pula dengan membuang sampah pada tempatnya.
3) Tidak boleh berpacaran yang berlebihan didepan umum.
Berpacaran boleh saja dikampus tetapi hendaknya jangan terlalu aktif dalam kenegatifan berpacaran. Karena akan menimbulkan fitnah disekelilingnya dan kesalah pahaman sudut pandang. Solusinya ialah berpacaran yang positif saja dikampus, seperti memberi semangat dalam kegiatan belajar.
4) Berpakaian yang sopan dan rapih jika ke kampus
Berpakaian yang sopan dan rapih jika ke kampus akan merasa aman dan nyaman bagi penggunanya maupun orang disekitarnya yang melihat, tidak perlu merasa resah karena pakaian yang dikenakan akan menimbulkan hawa nafsu yang tidak-tidak jika memakai pakaian yang tidak sopan. Solusinya berpakaianlah yang sewajarnya pada tempatnya.
5) Berbicara dengan tutur kata yang sopan.
Dalam berbicara hendaknya sopan, baik itu kepada orang yang lebih tua maupun orang yang jauh dibawah anda. Karena dengan bicara sopan akan lenih baik dan mencerminkan anda adalah seorang yang terpelajar.
6) Jangan menyontek ketika mengerjakan tugas atau ujian dikampus.
Ketika mengerjakan tugas maupun pada saat ujian berlangsung hendaknya mengandalkan kemampuan diri sendiri maka itu akan jauh lebih baik daripada anda menyontek hasil pekerjaan orang lain, belum tentu yang anda lihat itu jawaban yang benar, bisa saja jawaban anda yang benar. Lebih baik menjawab dengan jawaban sendiri karena dari situlah anda mulai bertanggung jawab atas apa yang anda kerjakan.
7) Jangan mengobrol disaat dosen menjelaskan materi.
Ketika dosen sedang menerangkan materi perkuliahan banyak diantara mahasiswa yang hadir tidak memperhatikan dosen tersebut mengajar, diantaranya ada yang asyik bercengkrama dengan temannya, sehingga terkadang dosen dan teman yang lainnya terganggu. Hendaknya berdiam diri saja jika sedang tidak mood dalam mengikuti pelajaran tersebut sehingga tidak merugikan teman yang lain yang sedang serius belajar. Seharusnya yang lebih baik adalah mengikuti pelajaran itu karena akan menambahkan wawasan anda sendiri dalam mata kuliah itu sendiri.
8) Mahasiswa hendaknya mengenakan alas kaki yang sesuai pada tempatnya.
Terkadang ada mahasiswa yang kurang memperhatikan tataterib yang berlaku pada kampusnya sendiri. Seharusnya jika mahasiswa pergi kekampus maka mahasiswa hendaknya menggunakan alas kaki yang sepatutnya, yaitu sepatu tertutup. Jangan menggunakan sendal, karena tidak sesuai dengan tempatnya.
9) Jangan sering membolos ketika pelajaran berlangsung.
Ketika pelajaran berlangsung banyak dijumpai mahasiswa membolos kelasnya, jika membolos kelas dengan alasan yang positif masih bisa ditoleransi tetapi jika membolos hanya dengan alasan malas dan tidak suka dengan pelajarannya itu sangat merugikan dirinya sendiri. Solusinya jika tidak masuk pelajaran tersebut hendaknya aktif menanyakan tugas dan materi yang telah dibahas pada saat itu, sehingga tidak ketinggalan tugas dan materi yang telah diberikan pada hari itu.

10) Datang tepat waktu saat jam kuliah akan berlangsung.
Sering dijumpai mahasiswa berhamburan dikoridor kampus, ini disebabkan mahasiswa tersebut terlambat dari jam yang sudah dijadwalkan pada mata kuliah tersebut. Hendkanya mahasiswa tersebut datang 15 menit sebelum mata kuliah itu berlangsung sehingga dapat mengikuti pelajaran tersebut tanpa harus terlambat.

c. Jelaskan perilaku/sikap/ tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa di kampus! Berikan minimal 10 contoh!
Jawab: Contoh perilaku/ sikap/ tindakan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa dikampus:
1) Datang tepat waktu.
Tepat waktu mengikuti kuliah dan sesuai dengan jadwal yang telah disiapkan alangkah baiknya. Karena tidak akan tertinggal materi yang diberika oleh dosen.
2) Berbicara dengan tutur bahasa yang sopan.
Alangkah baiknya berbicara dengan tutur yang sopan kepada semua kalangan dan semua usia dari yang paling tua sampai dengan yang paling kecil. Dari situlah kita menunjukkan kita orang yang terpelajar yang saling ,enghargai satu sama lainnya tanpa membedakan status.
3) Berpakaian rapih.
Perilaku yang baik adalah perilaku yang menunjukkan hal-hal yang positif pula. Sama halnya dengan berpakaian yang rapih dan sesuai pada tempatnya, seperti ke kampus hendaknya berpakaian yang sesuai pula dengan kampus tersebut sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.
4) Mengenakan alas kaki yang sesuai yaitu sepatu.
Seharusnya mahasiswa mengenakan alas kaki yang sesuai jika berada di kampus yaitu mengenakan sepatu tertutup. Karena mencerminkan kesan yang pantas dilihat dan rapih dalam berpenampilan.
5) Memperhatikan dosen ketika menjelaskan materi pelajaran.
Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang ketika dosen mengajar dan menjelaskan materi yang disampaikan, mahasiswa tersebut memperhatikannya dan mengerti apa yang dijelaskan pada saat itu juga.
6) Buang sampah pada tempatnya.
Perilaku yang mencerminkan kebersihan adalah membuang sampah pada tempatnya, sehingga tidak ada samah yang berhamburan di setiap sudut maupun jalan-jalan disepanjang koridor kampus.
7) Mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.
Mahasiswa yang baik adalah dengan menunjukkan tanggung jawabnya dalam melaksanakan kegiatan kuliahnya. Jika dosen memberikan tugas maka disitulah letak tanggung jawab itu dilaksanakan. Dengan cara tepat waktu dalam mengerjakan maupun mengumpulkannya.
8) Kerjasama yang baik dalam pertemanan.
Dalam pertemanan hendaknya bekerjasama yang baik sehingga menciptakan susana kekeluargaan, saling membantu jika ada teman yang tidak mengerti dengan materi yang telah disampaikan.
9) Pergaulan yang positif.
Dalam mencari dan bergaul dengan teman harus mencari dan bergaul denga positif. Jangan bergaul yang merugikan, karena akan merusak diri sendiri.
10) Berdiskusi oleh dosen mengenai berbagai masalah yang dihadapi dalam matakuliah untuk kemajuan bersama.
Mahasiswa yang aktif adalah mahasiswa yang aktif berinteraksi dengan dosen. Jika ada materi yang kurang jelas hendaknya mahasiswa itu berdiskusi atau bertanya kepada dosen tersebut sehingga dapat menghasilkan jawaban yang dimengerti oleh mahasiswa tersebut.

d. Isilah checklist berikut dengan jujur!, jawablah dengan Ya atau tidak.

No. Pernyataan Ya Tidak
01. Saya selalu berpakaian yang pantas/ sesuai dan rapi setiap kali ke kampus. √ (ya)
02. Saya selalu mengenakan sepatu setiap kali pergi ke kampus. √ (ya)
03. Saya selalu datang tepat waktu ke ruangan kuliah. √(ya)
04. Saya merasa bersalah bila datang terlambat di kelas. √(ya)
05. Saya kadang-kadang ngobrol dengan teman pada saat dosen mengajar. √(ya)
06. Saya selalu membuat catatan kuliah. √(ya)
07. Saya menyapa dosen yang mengajar di kelas saya. √(ya)
08. Saya mengenal semua dosen yang mengajar saya. √(ya)
09. Saya membuang sampah selalu pada tempatnya. √(tidak)
10. Saya mengingatkan teman yang membuang sampah sembarangan. √(ya)
11. Saya mengatur kembali bangku di kelas setelah kuliah selesai. √ (tidak)
12. Saya tidak merokok di dalam gedung/ ruangan. √(ya)
13. Saya di kampus pernah ditegur orang lain karena sikap/perilaku saya yang tidak patut. √ (tidak)
14. Saya pernah menegur mahasiswa lain yang melakukan tindakan tidak pantas di kampus.
√ (ya)
15. Saya tidak peduli dengan apa yang dilakukan oleh mahsiswa lain di kampus, sepenuhnya adalah tanggung jawab mereka. √ (ya)
16. Saya percaya pada kemampuan sendiri. √ (ya)
17. Saya pernah nyontek pada saat ujian. √ (ya)
18. Saya pernah melakukan plagiat terhadap karya orang lain. √ (tidak)
19. Saya memberikan kontribusi untuk perbaikan suasana akademik di lingkungan kampus. √ (tidak)
20. Saya lebih senang bekerja sendiri daripada kerja kelompok. √ (tidak)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar