Minggu, 06 Desember 2009

DASAR RANGKAIAN LISTRIK

Sumber tegangan bolak balik dihasilkan oleh generator AC. Dalam tegangan bolak balik dikenal berbagai besaran diantaranya tegangan sesaat, tegangan maksimum, tegangan puncak-puncak, tegangan rata-rata, dan tegangan efektif.

Arus AC adalah arus yang mempunyai nilai yang berubah terhadap satuan waktu dengan karakteristik akan selalu berulang untuk perioda waktu tertentu (mempunyai perida waktu : T). Jika sumber tegangan AC dihubungkan dengan ujung-ujung beban, maka pada beban menghasilkan arus listrik. Dalam arus AC mempunyai bagian-bagiannya, diantaranya:
1. Tegangan adalah kerja yang dilakukan untuk menggerakkan satu muatan (sebesar satu coulomb) pada elemen atau komponen dari satu kutub ke kutub lainnya, atau pada kedua kutub akan mempunyai beda potensial jika kita menggerakkanatau memindahkan muatan sebesar satu coulomb dari satu terminal ke terminal lainnya.
2. Energi adalah sesuatu kerja dimana kita memindahkan sesuatu dengan mengeluarkan gaya sebesar satu Newton dengan jarak tempuh atau sesuatu tersebut berpindah dengan selisih jarak satu meter.

Karakteristik tegangan dan arus pada resistor, induktor dan kapasitor:
a. Resistor, merupakan komponen elektronik dua saluran yang di desain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan diantara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya.
b. Induktor, merupakan sebuah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya.
c. Kapasitor berfungsi untuk membatasi arus DC yang mengalir pada kapasitor tersebut, dan dapat menyimpan energi dalam bentuk medan listrik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar