Sabtu, 20 Februari 2010

Globalisasi dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia

Globalisasi merupakan suatu istilah yang memuat arti pandangan yang luas, yaitu memiliki hubungan taraf internasional dalam bidang teknologi, perdagangan, pertukaran siswa antar ngara, investasi-investasi, serta macam-macam bentuk-bentuk interaksi lainnya sehingga melupakan batas-batas suatu negara.
Globalisasi juga memiliki arti sebagai hilangnya sekat-sekat kenegaraan sebagai penghalang yang ditandai juga dengan adanya kemajuan di bidang IPTEK.

Pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat indonesia yaitu masyarakat menjadi lebih tahu negara ataupun dunia luar tanpa harus pergi mengunjungi negara bagian tersebut. Serta hampir segala macam aspek pengetahuan dapat dicari tahu dengan menggunakan ilmu IPTEK tersebut. Salah satu keuntungannya dengan terbukanya jalur globalisasi ialah terbukanya pasar internasional yang menambah penghasilan devisa negara kita, membeli produk dengan harga yang terjangkau yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan,pemerintahan dapat dijalankan secara terbuka serta demokratis. Dlam segi aspek sosial budaya, kita dapat meniru pola berpikir yang baik serta berkembang seperti semangat etos kerja dan sikap disiplin yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar