Selasa, 08 November 2011

mengelola usaha counter pulsa dan handphone

menjadi seorang wirausaha itu kadang kala menjadi suatu kesusahaan atau bahkan sebaliknya menjadi hobby. kesusahaannya terkadang sang wirausahawan tersebut mengalami faktor kekurangan modal dan kekurangan pelanggan akibat kurang mempromosikan produk yang akan dipasarkannya. sedangkan berwirausaha menjadi hobby dikarenakan sang wirausahawan itu tekun dan kreatif dalam mempromosikan dan memasarkan produk tersebut.

salah satu wirausaha yang menjanjikan adalah membuka usaha counter pulsa dan handphone. dilihat dari pasaran yang sesuai dengan usaha tersebut, maka kita sebagai sang wirausahawan harus memperhatikan letak atau posisi pasar yang akan kita tuju, apakah letak dan posisi yang telah dipilih strategis untuk memasarkan pulsa. tempat yang cocok adalah tempat yang ramai dengan konsumen pembeli pulsa, yaitu diantaranya kampus, sekloah-sekolah, daerah perkantoran, daerah perumahan,pusat perbelanjaan, dll.


laba yang dihasilkan dari menjual pulsa tidaklah begitu besar, karena hanya sekitar 10%-15% keuntungannya, hampir tidak dapat mencukupi untuk sewa tempat (jika menyewa tempat untuk berjualan). apalagi jika menyewa didaerah yang elite dan strategis, maka akan jauh lebih mahal harga sewa dibandingkan dengan tempat yang kurang strategis. maka dari itu, sang wirausahawan tidak hanya menjual pulsa saja tetapi menerima jual beli handphone maupun service handphone, menjual sim card, dan menjual berbagai macam aksesoris handphone.

keuntungan yang lebih menjanjikan adalah dari penjualan aksesoris handphone, service handphone dan jual beli handphone, yang akan menutupi biaya kerugian yang dialami jika hanya menjual pulsa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar