Minggu, 01 April 2012

ADAB PENULISAN DI INTERNET

Internet berasal dari kata interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di dunia. Menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan informasi berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik.

Internet merupakan sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat. Pada awalnya internet adalah suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbabis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

SEJARAH INTERNET DI INDONESIA
Bila di Amerika internet mulai dibuat pada tahun 1971, maka di Indonesia baru mulai pada tahun 1990-an. Yang memelopori adalah beberapa mahasiswa ITB salah satunya adalah Onno W Purbo. Bermula dari kegemaran mereka menggunakan radio amatir, lalu tercetuslah ide mengadopsi teknologi radio amatir itu untuk TCP/IP pada tahun 1992.

Sebelumnya pada tahun 1988, salah seorang teman Onno W Purbo mendesaknya untuk memperdalam tentang TCP/IP. Saat itu Onno W Purbo sedang bermukin di Kanada . Setelah Onno W Purbo mendalami ilmunya lalu bersama rekan-rekannya menerapkan ilmunya itu sebagai dasar sejarah internet di Indonesia.

Selain Onno w Purbo, seorang peneliti dari LAPAN yang bernama Muhammad Ihsan juga mengembangkan jaringan computer dengan teknologi radio amatir. Dia berhasil menghubungkan jaringan computer yang ada di ITB dengan yang ada di LAPAN.

Setelah jaringan komputer mulai berkembang, menyusul pula email dan yang lainnya. Hingga tak terasa sekarang ini internet telah menjamur di Indonesia, hampir setiap rumah sudah terkoneksi dengan internet baik yang menggunakan jaringan kabel, wireless atau melalui HP.

ETIKA-ETIKA YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENULISAN DI INTERNET, adalah sebagai berikut:
1. Tidak mengandung SARA.
2. Tidak mengandung unsur pornografi.
3. Menyiratkan informasi yang sesuai dengan faktanya.
4. Menggunakan bahasa yang sopan.
5. Tidak menyinggung perasaan orang lain, mengkritik orang lain atau lembaga terkait, dan menghargai setiap pendapat orang lain.



http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-internet/
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2010/11/09/sejarah-internet-di-dunia-dan-di-indonesia/
http://wikipedia.com/

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus